Analisis Komunikasi Organisasi (Studi Kasus Pada UD. Tesco

Wahyuni, Putri Amalia (2022) Analisis Komunikasi Organisasi (Studi Kasus Pada UD. Tesco. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Jember.

[img] Text
SKRIPSI - Amalia Putri Wahyuni.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain dimana saja ia berada. Beberapa jenis UKM yang ada di Indonesia, salah satunya adalah industri konveksi. Salah satu konveksi yang ada di Ambulu adalah UD. Tesco yang berada di Jl. Ahmad Yani. Dalam praktinya UD. Tesco menerapkan komunikasi vertikal dan komunikasi horizontal. Peneliti mendapatkan informasi tentang masalah komunikasi di UD. Tesco yang dapat dilihat dari sisi atasan terlebih dahulu. Komunikasi vertikal terhambat karena adanya perbedaan persepsi setiap orang. Perbedaan persepsi ini bisa menyebabkan kesalahpahaman sehingga informasi atau pesan yang disampaikan tidak tersampaikan dengan baik. Sedangkan jika dilihat dari sisi bawahan atau pekerja, peneliti mendapatkan informasi bahwa ketika pekerja lepas membutuhkan informasi atau penjelasan lebih detail tentang instruksi pekerjaan yang sedang dikerjakan, penjelasan tersebut disampaikan melalui whatsapp. Para pekerja UD. Tesco sependapat menjelaskan masalah yang terjadi adalah sering berdebat satu sama lain dikarenakan berbeda dalam menangkap maksud dari penjelasan yang disampaikan oleh pemilik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis arah komunikasi dan hambatan komunikasi yang ada di dalam UD. Tesco. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penentuan informan menggunakan metode Purposive. Metode ini merupakan teknik pengambilan informan sumber data dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data mencakup kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah UD. Tesco menerapkan komunikasi vertikal, yang dilakukan dari atasan ke bawahan maupun dari bawahan ke atasan. Sedangkan komunikasi horizontal terjadi diantara para pekerja atau bawahan. Beberapa hambatan yang terjadi dalam UD. Tesco adalah adanya perbedaan persepsi antar individu yang terlibat dalam UD. Tesco, perasaan yang sedang dialami, bahasa yang digunakan, dan adanya penggunaan media perantara yaitu whatsapp. Namun hambatan ini bisa diatasi dengan mengadakan meeting sehingga komunikasi yang terjalin lebih leluasa. Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Komunikasi Vertikal, Komunikasi Horizontal, Hambatan Komunikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: Unnamed user with email arifin@pcteknologi.com
Date Deposited: 11 Jun 2024 08:50
Last Modified: 11 Jun 2024 08:50
URI: http://repo.stiapembangunanjember.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item