PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus di Kecamatan Kaliwates)

Handayani, Melia (2019) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus di Kecamatan Kaliwates). Diploma thesis, STIA Pembangunan.

[img] Text
SKRIPSI (MELIA HANDAYANI, 2018).docx

Download (797kB)

Abstract

Melia Handayani. 1458632111927. Program Studi Ilmu Adminstrasi Bisnis. STIA “Pembangunan” Jember. Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran UMKM dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Kecamatan Kaliwates). Dra. Achadyah Prabawati,MP. 2018 Penelitian ini menganalisis pengaruh orientasi pasar (X1), inovasi produk (X2) terhadap kinerja pemasaran (Y) dengan keunggulan bersaing (Z) sebagai variabel intervening. Objek penelitian dari penelitian ini adalah pengusaha UMKM yang berada di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember terutama UMKM yang bergerak di bidang makanan khusunya UMKM yang melakukan inovasi produk. Populasi pada penelitian ini sebanyak 49 UMKM yang bergerak dibidang makanan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenih yaitu sebanyak 49 UMKM. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis intervening (path analysis) dengan menggunakan software IBM SPSS 22.0 Terdapat tujuh hipotesis yang digunakan, dimana terdapat satu hipotesis yang tidak diterima dan tidak signifikan dan enam hipotesisis diterima. Berdasarkan hasil penelitian hipotesis yang tidak diterima dan tidak signifikan yaitu variabel inovasi produk terhadap keunggulan bersaing. Berdasarkan pengaruh langsung dan tidak langsung kedua jalur berpengaruh, namun terdapat jalur yang berpengaruh namun tidak signifikan yaitu variabel inovasi produk terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Sedangkan jalur dari variabel orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing berpengaruh dan signifikan. Kata kunci : orientasi pasar , inovasi produk, keunggulan bersaing, dan kinerja pemasaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 17 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2019 06:31
Last Modified: 25 Jul 2019 06:31
URI: http://repo.stiapembangunanjember.ac.id/id/eprint/27

Actions (login required)

View Item View Item